Dalam artikel sebelumnya, saya sudah membahas artikel tentang analisis regresi linier berganda.Adapun kali ini, saya ingin membahas tentang kelanjutan dari artikel regresi linier berganda yaitu regresi logistik.Apa itu regresi logistik? apa hubungannya dengan regresi linier berganda?apakah sama atau tidak dengan regresi linier berganda?

Sebenarnya, regresi logistik tidak berbeda jauh dengan regresi linier berganda.Pada artikel sebelumnya, regresi linier berganda adalah suatu metode statistik untuk mencari kerterkaitan antara variabel dependen (terikat) dengan dua atau lebih variabel indipenden (bebas).Pun sama halnya dengan regresi logistik. Lalu apa yang membedakan regresi linier berganda dengan regresi logistik?

Yang membedakan regresi linier berganda dengan regresi logistik terletak pada jenis variabel dependen (terikat) yang digunakan dimana pada regresi logistik variabel dependen (terikat) yang digunakan merupakan variabel kategorik.Seperti apakah variabel kategorik? variabel kategorik itu dapat berupa skala nominal atau skala ordinal.

Adapun regresi logistik dapat dibagi menjadi regresi logistik biner, regresi logistik multinomial dan regresi logistik ordinal. Regresi logistik biner digunakan apabila variabel dependen yang digunakan terdiri dari 2 variabel kategorik atau menggunakan skala nominal. Misalnya : 1 atau 0, baik atau buruk dan sebagainya. Untuk regresi logistik multinomial digunakan apabila variabel dependen yang digunakan terdiri dari dua atau lebih variabel kategorik. Misalnya 1,2,3,4,5 dan seterusnya. Sedangkan regresi logistik ordinal digunakan apabila variabel dependennya menggunakan skala ordinal seperti sangat baik, baik, buruk dan sangat buruk.


Sumber :Pedoman Analisis Data dengan SPSS-Stanislaus S.Uyanto, Ph.D.

0 komentar:

Posting Komentar

ASSALAMUALAIKUM SELAMAT DATANG

Clock


Follower