Saat ini, banyak sekali jenis penyakit yang berbahaya bagi manusia, terutama yang disebabkan oleh berbagai macam virus seperti virus HIV, virus flu burung, virus flu babi dan sebagainya.Virus-virus tersebut sangat berbahaya karena selain sulit diobati, virus-virus tersebut juga menyebabkan kematian.Oleh karena itu, tanpa memiliki daya tahan tubuh yang kuat, manusia akan mudah terjangkit virus-virus tersebut.Untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat dapat dimulai dengan pola hidup yang sehat.Berikut tips-tips untuk hidup sehat yang mudah-mudahan berguna bagi kita semua.
1. Pola makan yang teratur
Ini merupakan hal yang pokok untuk hidup sehat.Pola makan yang baik adalah makan 3 kali sehari yaitu pagi, siang dan malam yang terdiri dari nasi, lauk dan sayur.Ada baiknya lauk yang dimakan mengandung protein yang baik bagi tubuh seperti ikan, ayam, tempe, tahu dan sebagainya.Selain itu, kita juga harus makan buah-buahan yang sehat dan banyak mengandung vitamin c.
2. Kurangi junk food
junk food adalah makanan yang tidak mengandung manfaat bagi tubuh manusia karena makanan ini tidak mengandung gizi yang baik bahkan cenderung mengandung lemak jenuh yang sangat berbahaya bagi tubuh.
3. Hindari rokok dan minuman keras
Rokok mengandung zat nikotin yang sangat buruk bagi tubuh karena rokok dapat menyebabkan paru-paru menjadi rusak.Pun sama halnya dengan minuman keras karena minuman keras mengandung zat-zat yang menyebabkan hati kita menjadi rusak sehingga menimbulkan penyakit seperti liver.
4. Tidur yang cukup
Walaupun sepele, tapi jangan anggap remeh pola tidur kita karena apabila kita kurang tidur, badan pun menjadi letih, lesu dan tidak fit.Pola tidur yang cukup dan baik adalah selama 8 jam sehari.
5. Olahraga
Olahraga merupakan hal yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh karena dengan olahraga, maka kita akan mengeluarkan keringat sehingga akan mengeluarkan pula kotoran-kotoran dari tubuh kita.

0 komentar:

Posting Komentar

ASSALAMUALAIKUM SELAMAT DATANG

Clock


Follower